Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Rumah Dunia Gelar Ode Kampung III

In berita budaya, straight-news on December 7, 2008 at 4:33 am

Serang, Jurnal Komunika

Setelah sukses menyelenggarakan Ode Kampung I dan Ode Kampung II, kali ini Taman Baca Rumah Dunia (RD) kembali menyelenggarakan Ode Kampung III yang dilaksanakan pada 5-7 Desember 2008.

Namun berbeda dengan Ode Kampung sebelumnya. Ode Kampung III lebih memfokuskan pada kegiatan literasi di Indonesia. Kegiatan dibuka Jumat (5/12) di Rumah Dunia, Komplek Hegar Alam No. 40 Ciloang Serang, Banten dan berakhir di Rumah Tukik di Pantai Anyer

Berdasarkan keterangan panitia, “Dengan mengusung tema ‘Dukung Gerakan Komunitas Literasi Lokal’ Ode Kampung III ingin mengedepankan silaturahmi yang unik.” Para peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia menginap di rumah warga sekitar Ciloang dengan membayar uang penginapan Rp 25ribu perhari. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan peserta dan masyarakat yang telah mereka didik.

Pembina Rumah Dunia, Gola Gong mengatakan, ”Penyelenggaraan Ode Kampung III bertujuan untuk merembukkan berbagai persoalan literasi yang berkembang di Indonesia. Tujuan lainnya adalah untuk saling berjejaring dalam mendukung gerakan komunitas literasi lokal. Kami juga berharap agar bisa merumuskan semacam rekomendasi atau pernyataan sikap tentang pentingnya komunitas literasi atau Taman Bacaan sebagai bagian tak terpisahkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Peserta Ode Kampung ini dihadiri oleh komunitas dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya seperti Komunitas Teras Puitika dari Kalimantan, Komunitas Sanggar Sastra dari Tasikmalaya, RB Jalapustaka dari Pekalongan, Komunitas Penulis Jakarta. Dan komunitas lain sebanyak kurang lebih 200 komunitas. Sebagian besar peserta mengetahui informasi tentang Ode Kampung III ini dari website dan milis Rumah Dunia.

Acara Ode Kampung III ini dibuka pada pukul 14.10 WIB oleh seseorang yang bernama Udin Angkot. Acara yang disuguhakan meliputi diskusi bersama sastrawan dan tokoh seperti Halim HD (Sastrawan), Dik Doang (TBM Kandank Jurang), Zulkieflimansyah (Anggota DPR), Prof. Dr. Yoyo Mulyana (Penasehat Rumah Dunia), Jodhy Yudono (Kompas Cybermedia) dan Zulkieflimansyah (Anggota DPR).

Selain diskusi ada juga kegiatan lainnya seperti pementasan teater, pertunjukan musikalisasi puisi, dramatisasi pusi, pertunjukan musik akustik, pembacaan puisi dan pada hari ketiga seluruh peserta ode kampung III berkunjung ke Rumah Tukik yang berada di Anyer.

Para peserta mengaku puas dengan kegiatan ini. Seperti yang diungkapkan oleh Igun, salah seorang peserta, “Saya merasa sangat puas mengikuti kegiatan Ode Kampung III ini. Karena selain bisa berbagi pengalaman, kita bisa turut mendukung gerakan literasi lokal di daerah saya, agar gerakan literasi di daerah terus berkambang”. (Erni K)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: