Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Perlunya Aplikasi Gerakan Sosial Para Penulis

In berita budaya on December 7, 2008 at 6:17 am

Serang, Jurnal Komunika

Penulis dituntut untuk memiliki jiwa sosial kepada masyarakat luas. Itulah pesan yang ingin disampaikan dalam diskusi yang bertajuk Penulis Dalam Membangun Gerakan Sosial yang diselenggarakan di Rumah Dunia bertema Ode Kampung 3 di Desa Ciloang, Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Sabtu (6/12) kemarin.

Anwar Halid selaku pembicara mengatakan jiwa sosial para penulis ditentukan oleh kesamaan ideologi sesama penulis. “Para penulis yang tergabung dalam suatu komunitas biasanya memiliki kesamaan ideologi. Dan komunitas tersebut berorientasi melakukan gerakan sosial,” kata Anwar yang juga seorang penulis.

Pembicara lain yang juga seorang penulis, Halim HD mencontohkan Tito Hardisuryo sebagai penulis yang sudah melakukan gerakan sosial dengan menerbitkan koran wanita pertama di pasundan. “Saat pertama kali terbit, koran itu secara tidak langsung telah mengangkat harkat martabat wanita pasundan,” katanya.

Asma Nadia salah seorang pelopor berdirinya Rumah Cahaya dan Forum Lingkar Pena (FLP) mengatakan, Rumah Cahaya dan Rumah Dunia adalah contoh nyata gerakan sosial bagi masyarakat. “Sebenarnya tidak hanya para penulis yang harus melakukan gerakan sosial. Masyarakat pun bisa melakukannya dengan mendirikan perpustakaan kecil bagi penduduk sekitarnya,” katanya.

Sementara itu sang empu-nya Rumah Dunia, Gola Gong mengatakan penulis harus memiliki rasa sosial. “Penulis memiliki rasa tanggung jawab secara moral kepada masyarakat melalui tulisannya,” katanya.

Keseluruhan diskusi ini diselenggarakan dalam acara Ode Kampung 3 yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 7 Desember 2008. Acara yang memasuki tahun ke-3 ini bermaksud menambah minat baca masyarakat. Upaya para penulis untuk meningkatkan budaya membaca pada masyarakat dituangkan dalam diskusi-diskusi yang diselenggarakan setiap tahunnya ini. (Fadly Molana)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: