Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Gubernur Banten Pertama Wafat, Banten Berduka

In berita politik, straight-news on December 6, 2008 at 3:36 am

Serang, Jurnal Komunika

Gubernur Banten Pertama, Djoko Munandar, meninggal dunia pada Jumat (5/12) di usia 61 tahun.

Menurut salah soerang kerabatnya, mantan orang nomor satu di Banten ini mengalami penyakit gula darah, dan sempat dirawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Jakarta.

Pria yang sempat divonis penjara selama empat tahun karena terkait korupsi dana perumahan ini, disemayamkan di rumahnya dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ciceri Indah, Serang. Ratusan kerabat dan pejabat datang melayat di rumah duka.

Salah seorang kerabat yang juga Bupati Pandeglang, Dimyati Natakusumah, mengatakan bahwa dirinya merasa kehilangan sosok yang dikaguminya. “Pak Djoko sering memberi spirit pada saya untuk memimpin. Dengan pembawaannya yang tenang, beliau menjadi inspirasi bagi saya,” tuturnya.

Salah seorang Aktivis Banten yang pernah menjadi lawan di pengadilan pada kasus korupsi dana perumahan, Ali Suro, juga turut berbela sungkawa atas kepergian Djoko. “Saya menganggap Djoko bukan sebagai musuh politis, beliau telah mendapatkan keadilan didunia. Semoga amal baiknya diterima di pangkuan-Nya,” kata Ali.

Atas peristiwa berkabung ini, Gubernur Banten yang juga pernah menjadi wakilnya sewaktu menjabat Gubernur Banten pertama, Atut Chosiyah, mewakili warga Banten menyatakan turut berduka cita, dan menjadikan peristiwa ini sebagai hari Banten berkabung.

“Kita telah kehilangan putera terbaik Banten, seseorang yang telah banyak berjasa dalam pembangunan yang saat ini kita rasakan, saya rasa beliau pantas mendapatkan moment Banten berkabung”, katanya.

Selain itu juga Atut memutuskan untuk memasang bendera Merah Putih setengah tiang di seluruh kantor dan dinas atau instansi pemerintah se-Provinsi Banten. (Dadan/061601)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: