Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Abdi Dalem yang Tetap Setia

In berita budaya, soft-news on November 29, 2008 at 4:09 am


Yogyakarta, Jurnal Komunika

Sampai saat ini lebih dari dua ribu Abdi Dalem di Keraton Yogjakarta tetap setia pada profesinya. Pengabdian mereka tulus diberikan untuk Sultan dan Keraton.

Jumat (28/11), seorang Abdi Dalem mengaku bahwa dirinya menjadi Abdi Dalem sebagai tanda pengabdian yang tulus. “Saya menjadi Abdi Dalem kurang lebih sudah 20 tahun, menjadi Abdi dalem adalah sebuah pengabdian dan hanya untuk ngalap berkah (mengharap berkah) bukan untuk gaji karena kami tidak mendapatkan gaji seperti orang kantoran,” ungkap Prabu Pawoko.

Dia juga menambahkan bahwa untuk menjadi Abdi Dalem itu tidak mudah. Hal ini karena setiap masyarakat yang ingin menjadi Abdi Dalem harus mendaftarkan diri. Dan setelah itu masih harus menunggu seleksi sehingga mau tidak mau terjadi persaingan.

Profesi yang dianggap sangat terhormat ini terus diyakini masyarakat Jogja di tengah jaman yang semakin modern. Mereka tidak terakulturasi oleh perubahan jaman tetapi semakin memantapkan hati untuk tetap patuh dan terus bersedia terkontrol sikap dan perilkunya oleh Sultan.

“Menjadi Abdi dalem dengan memakai blangkon dan pakaian berwarna biru tua ini akan berlangsung seumur hidup saya,” kata Prabu Pawoko. (Mega)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: