Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Kondisi Candi Borobudur Memprihatinkan

In berita budaya, berita ekonomi, straight-news on November 28, 2008 at 3:47 am

Magelang, Jurnal Komunika

©www.walubi.or.id

©www.walubi.or.id

Keadaan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah memprihatinkan. Candi tersebut kini sudah tidak nyaman dikunjungi. Hal ini diperparah dengan kondisi candi banyak yang rusak.

Seperti yang terlihat pada Kamis (27/11), para pekerja sedang sibuk memperbaiki candi yang rusak. Pada sisi kiri sedang dilakukan pemugaran total candi. Hal ini disebabkan struktur batu candi yang sudah lapuk termakan usia dan akibat gempa Yogjakarta di tahun 2006.

“Batu candi sudah rusak akibat umur sudah tua dan gempa tahun 2006. jadi harus diperbaiki,” ujar Karso salah seorang pekerja perbaikan candi.

Candi borobudur tampak sepi dan mengalami penurunan pengunjung. Penurunan ini disebabkan imbas dari gempa Yogjakarta di tahun 2006 yang merusak candi, sehingga daya tarik candi borobudur sedikit berkurang.

Seperti yang dikatakan petugas tiket candi borobudur, Warsito, ”Pengunjung Candi Borobudur mengalami penurunan sekitar 20 persen. Penyebabnya mungkin karena dampak dari gempa tahun 2006,” ujarnya.

Kenyamanan dan kebersihan Candi Borobudur juga terlihat kurang. Banyak coretan di dinding candi dan sampah berserakan di areal candi. Selain itu juga di kawasan Candi Borobudur banyak pedagang yang menawarkan barang dagangan secara paksa dan mengganggu kenyamanan pengunjung.

“Petugas sudah membersihkan sampah dan coretan di dinding candi, tapi tetap saja masih ada pengunjung yang buang sampah sembarangan dan mencoret dinding candi,” ujar Slamet, petugas keamanan.

Slamet juga menambahkan untuk masalah pedagang yang berjualan di areal candi dan menawarkan dagangan secara paksa, ”Petugas sudah memberikan tempat berjualan di luar pintu masuk dan akan bertindak tegas kepada pedagang yang memaksa pengunjung.” (AZWAR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: