Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Kabupaten Tangerang Langka Minyak Tanah

In straight-news on October 18, 2008 at 2:03 pm

Tangerang, Jurnal Komunika

Masyarakat Desa Serdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, kesulitan mendapatkan minyak tanah. Berdasarkan pengakuan pemilik agen minyak tanah di Kecamatan Legok, Jumat (17/10), kelangkaan minyak tanah dikarenakan tidak adanya lagi pasokan minyak tanah oleh Pertamina.

Parlan, salah satu pemilik agen minyak tanah di kawasan STPI Curug mengatakan, terakhir Pertamina memasok minyak tanah pada bulan Agustus lalu dengan harga eceran Rp. 4000 per liter. “Hingga kini Pertamina tidak pernah lagi memasok minyak tanah kepada kami, padahal Pertamina pernah mengatakan bahwa sebelum Ramadhan pihaknya akan memberikan pasokan minyak tanah kembali,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan tidak adanya pasokan minyak tanah juga secara otomatis menurunkan pendapatan usahanya. Lagipula sebagian besar masyarakat masih menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar. Walaupun secara keseluruhan masyarakat telah mendapatkan tabung LPG 3 kilogram.

Sementara itu kelangkaan minyak tanah juga berdampak pada usaha Samirah pemilik warung makan. Ia mengatakan bahwa usahanya mengalami penurunan drastis akibat langkanya minyak tanah. “Untuk memenuhi kebutuhan minyak tanah kami dapatkan dari pengecer keliling dengan harga 2 kali lipat lebih mahal,” tambahnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Sri, ibu rumah tangga. Ia mengeluhkan, kelangkaan minyak tanah berpengaruh besar kepada kehidupannya. Harga eceran di penjual keliling mencapai Rp. 10 ribu per liter.

Walaupun ia telah mendapat kompor gas dan LPG 3 kilogram dari pemerintah, namun sampai saat ini ia belum berani beralih dari minyak tanah. “Saya masih khawatir menggunakan gas LPG karena belum terbiasa dan ditambah banyak pemberitaan mengenai tabung gas LPG yang diberikan pemerintah meledak. Tabung gas 3 kilogram yang saya dapatkan saya berikan kepada saudara saya” jelasnya. (Gabuwhe Koparan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: