Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Biaya Mudik Bisa Mencapai Rp 5 Juta

In straight-news on September 27, 2008 at 6:43 am

Serang, Jurnal Komunika

Sejumlah calon pemudik di Serang mengaku harus mengeluarkan sedikitnya Rp 5 juta untuk biaya pulang kampung atau mudik pada Lebaran tahun ini. Sebagian besar pengeluaran untuk biaya transportasi. Para calon pemudik yang berhasil ditemui pada Kamis (18/9) mengatakan, biaya transportasi merupakan pengeluaran tertinggi pada setiap mudik Lebaran atau bisa mencapai 70 persen dari biaya mudik.

Salah seorang calon pemudik dari Serang, Sumarno, yang berencana pulang kampung bersama istri dan anak tunggalnya memperkirakan biaya transportasi menuju kampung halamannya di Yogyakarta bisa mencapai Rp 500 ribu perorang. Ini berarti Sumarno sedikitnya harus mengeluarkan ongkos Rp 1,5 juta untuk mudik bertiga.

“Itu sekali jalan. Jadi, kalau pulang pergi, biaya transportasi seluruhnya mencapai Rp 3 juta. Itu belum dengan pengeluaran makan atau jajan dan lain-lainnya. Makanya, untuk mudik sekarang ini harus punya uang sedikitnya Rp 5 juta,” kata Sumarno, yang berencana berangkat mudik sepekan sebelum Lebaran.  

Hampir senada dikatakan calon pemudik di Serang lainnya, Hidayat. Ia mengungkapkan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sangat terasa sekali dampaknya terhadap pengeluaran mudik Lebaran tahun ini. Ia bersama keluarganya yang berencana mudik ke Bandung diperkirakan harus mengeluarkan sekitar Rp 2,5 juta hanya untuk biaya transportasi mulai dari menyewa mobil selama empat hari dan biaya bensin.

Berbeda dengan Hidayat, calon pemudik lainnya, Hanafi memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor untuk lebih mengirit pengeluaran. Hanafi yang berencana mudik ke Cirebon bersama istrinya dengan menggunakan sepeda motor memperkirakan harus menyediakan sedikitnya Rp 3 – Rp 4 juta untuk kebutuhan mulai dari transportasi hingga biaya hidup selama di kampung halaman. (Dwi Rahayu/041056)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: