Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Bazaar Ramadhan di Masjid Agung Serang

In soft-news on September 16, 2008 at 1:28 pm

Serang, Jurnal Komunika

Pada bulan ramadhan tahun 2008 ini, Masjid Agung Serang kembali mengadakan bazaar makanan yang bertempat di pelataran Islamic Center Serang. Acara ini merupakan agenda rutin yang diadakan setahun sekali pada bulan ramadhan oleh panitia masjid agung.

Menurut keterangan dari salah satu pedagang, Siti, bazaar dibuka mulai dari pukul 13.00. Namun, biasanya puncak ramai pengunjung setelah ashar hingga menjelang waktu berbuka.

Masyarakat setempat sangat antusias dengan keberadaan bazaar ini. Dengan adanya bazaar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan makanan untuk berbuka puasa. Dini salah seorang pengunjung menyatakan, “Dengan adanya bazaar ini saya tidak susah lagi mencari makanan siap saji.”

Produk yang dipasarkan oleh bazaar ini sebagian besar adalah makanan siap saji, baik itu untuk ta’jil maupun lauk serta makanan berat. Sebagian kecil lain yang dijual di sini bukan makanan seperti buku, peci, minyak wangi, mainan anak-anak bahkan ada pula yang menjual golok.

Harga yang ditawarkan di bazaar ini sendiri cukup terjangkau oleh masyarakat yaitu mulai dari Rp. 3000 hingga Rp. 10.000. Aneka makanan yang ditawarkan juga cukup beragam. Seperti kolak, bubur kacang, es buah, hingga lauk pauk serta sayur seperti daging dan sayur bayem, dan sebagainya.

Pengujung bazaar terlihat mulai padat selepas waktu ashar. Karena pada waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk ngabuburit dan mencari makanan untuk berbuka. Berdasarkan keterangan dari petugas parkir, Agus, bahwa setap harinya pengujung bazaar ini mencapai ratusan. Pengunjung tidak hanya berasal dari wilayah Serang saja. Tetapi ada juga pengunjung dari luar kota seperti Jakarta dan Tangerang. “Hal ini terjadi karena bazaar terletak dekat masjid agung, sehingga sambil mereka istirahat di masjid mereka juga bisa beribadah dan membeli jajanan untuk berbuka puasa,” tambah Agus. (Erni.K-061603)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: