Situs Berita Jurnalistik UNTIRTA

Takoyaki, Jajanan Khas Jepang

In feature on September 1, 2008 at 4:43 am

Bentuknya bundar, mirip pofertjes, kue manis asal Belanda, tapi jajanan yang satu ini asli dari Jepang. Beberapa tahun belakangan ini Indonesia, khususnya Jakarta, tengah dilanda virus Jepang. Bukan virus penyakit tapi segala hal yang berbau Jepang mulai dari budaya, musik hingga makanan. Jika yang rajin datang ke festival – festival budaya Jepang yang sering diadakan di berbagai tempat di Jakarta, pasti tidak asing dengan penganan yang satu ini.

Di negara asalnya, Takoyaki dijual di toko – toko kecil di pinggir jalan atau gerobak – gerobak kecil yang disebut Takoyaki-ya, atau biasanya biasa dijual di stand – stand, yang disebut yatai, di festival musim panas di Jepang. Kalau di Indonesia mungkin seperti penjual gorengan yang di pinggir – pinggir jalan. Nama Takoyaki sendiri berarti Tako yang dalam bahasa Jepang artinya gurita, dan Yaki yang artinya bakar. Gurita? Yah, memang isi dari bola – bola ini adalah daging atau tentakel gurita, tapi jangan terburu – buru merasa jijik karena potongan guritanya tidak akan terasa amis. Bahkan bagi yang sudah pernah mencobanya, pasti akan merasa ketagihan.

Beberapa penjual Takoyaki bisa anda jumpai di Jakarta ini. Di kawasan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan misalnya, ketika hari memasuki jam 5 sore, anda akan melihat sebuah mobil pick up lengkap dengan semua peralatan memasak dan spanduk biru berlukiskan gurita berwarna merah dan tulisan Jepang. Disini, sekotak takoyaki dihargai Rp25.000 /12 pcs, si penjual yang sudah berjualan sejak tahun 1999 mengaku usaha Takoyakinya ini merupakan warisan dari atasannya yang merupakan warga negara Jepang. Ketika sang atasan pulang kampung maka seluruh ilmu dan peralatan diwariskan kepadanya.

Yang menarik jika membeli takoyaki adalah kita bisa melihat langsung proses pembuatannya, karena takoyaki baru akan dibuat begitu kita memesan. Dibuat dari tepung khusus sehingga diperoleh tekstur yang kenyal, kemudian diisi potongan gurita, acar jahe, daun bawang, kemudian dibalik – balik hingga matang, kemudian setelah diangkat diolesi oleh saus khusus takoyaki berwarna cokelat mirip kecap, kemudian ditaburi nori atau rumput laut bubuk. Dan satu lagi yang khas dari takoyaki adalah taburan katsuoboshi, serutan daging ikan cakalang, di atas bola – bola gurita itu yang bergoyang – goyang sendiri.

Letak kedai takoyaki ini sangat mudah ditemukan, letaknya tidak jauh dari supermarket Papaya, masuk melalui gerbang, bagi yang membawa motor cukup membayar Rp1.000 untuk parkir, kemudian setelah masuk belok ke kanan, tidak jauh anda akan menemukan kedai tersebut di depan sebuah restoran jepang. Jam operasional kedai yang satu ini adalah jam 5 sore hingga 1 malam. Tapi, jika anda memesan disarankan menunggu dengan sabar, karena pembeli di kedai ini lumayan ramai, seperti diakui si penjual yang kedainya makin ramai dikunjungi orang setelah masuk ke dalam acara kuliner di salah satu stasiun TV swasta di Jakarta.

Lokasi lain dimana anda bisa menikmati cemilan khas Jepang ini adalah di depan supermarket kamome, masih di bilangan Melawai, Blok M, disini untuk harga Rp25.000 anda hanya mendapatkan 9 butir takoyaki. Selain di kawasan Jakarta Selatan, anda juga bisa menjumpai takoyaki di Mall Kelapa Gading dan Margo City di Depok. Harga jajanan ini memang bervariasi dengan ukuran yang berbeda – beda, juga dengan isi yang bervariasi. Seperti di kedai Okirobox di ITC Permata Hijau yang memberikan berbagai pilihan isi, mulai dari keju, sosis sapi atau sosis ayam atau original yaitu gurita.

Ingin menikmati takoyaki ini? Semua pilihan ada di tangan anda. Tinggal pilih mau ke Blok M, Kelapa Gading, Margo City, atau ITC Permata Hijau. Selamat berburu Takoyaki! (Wta/310308)

Sumber: dari berbagai sumber

ditulis oleh: Eka Perwitasari

  1. Makasih yah sudah memuat tulisankuw, huhwhwhhwhwhwue😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: